Geogebra merupakan salah satu software yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Software ini dikembangkan untuk proses belajar
mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter
di Universitas Florida Atlantic. GeoGebra merupakan program komputer yang bersifat dinamis dan
interaktif untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan matematika
khususnya geometri, aljabar, dan kalkulus. Sebagai sistem geometri dinamik,
konstruksi pada GeoGebra dapat dilakukan dengan titik, vektor, ruas garis,
garis, irisan kerucut, fungsi.
Berikut ini adalah salah satu pemanfaatan Geogebra dalam materi Ruang Dimensi Tiga, yaitu dalam menentukan jarak antara titik dan garis dalam ruang.
Langkah - langkah :
1. Buka Geogebra,
tampilkan 3D Graphics dengan klik “View”, pilih “3D Graphics”.
2. Jika hanya ingin menampilkan 3D Graphics, klik
bagian yang dilingkari.
3. Untuk
menghilangkan sumbu koordinat klik “3D Graphics”, kemudian pilih yang di pojok kiri.
4. Untuk memulai
membuat kubus, klik gambar piramida, kemudian pilih “Cube” .
5. Buat 2
titik sembarang pada
bagian yang memunculkan
grafik, sehingga otomatis
akan terbentuk kubus.
6. Buat garis EC dengan pilih “Segment” kemudian
klik titik E dan C.
7. Buat garis
dari A yang tegak lurus terhadap garis EC dengan cara klik “Perpendicular
Line”, kemudian klik garis EC dan klik titik A.
8. Tandai perpotongan garis tersebut dengan pilih “ Intersect “ kemudian
klik perpotongan garis tadi, misalkan I.
9. Untuk
menghitung jarak AI, pilih “ Distance or Length” kemudian klik titik A dan titik
I.
atau juga bisa dilihat langkah - langkahnya pada video dibawah ini
Selamat Mencoba dan Selamat Berkreasi
0 comments:
Post a Comment