Saturday, February 4, 2017

PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

0

Geogebra merupakan salah satu software yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Software ini dikembangkan  untuk  proses  belajar  mengajar  matematika  di  sekolah  oleh Markus  Hohenwarter  di  Universitas  Florida  Atlantic. GeoGebra merupakan program komputer yang bersifat dinamis dan interaktif untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan matematika khususnya geometri, aljabar, dan kalkulus. Sebagai sistem geometri dinamik, konstruksi pada GeoGebra dapat dilakukan dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, fungsi.

Berikut ini adalah salah satu pemanfaatan Geogebra dalam materi Ruang Dimensi Tiga, yaitu dalam menentukan jarak antara titik dan garis dalam ruang.

Langkah - langkah :
1. Buka Geogebra, tampilkan 3D Graphics dengan klik “View”, pilih “3D Graphics”.

2. Jika hanya ingin menampilkan 3D Graphics, klik bagian yang dilingkari.

3. Untuk menghilangkan sumbu koordinat klik “3D Graphics”, kemudian pilih yang di pojok kiri.

4. Untuk  memulai  membuat  kubus,  klik gambar piramida, kemudian pilih “Cube” .

5. Buat  2  titik  sembarang  pada  bagian  yang  memunculkan  grafik,  sehingga  otomatis  akan terbentuk kubus.


6. Buat garis EC dengan pilih “Segment” kemudian klik titik E dan C.


7. Buat garis dari A yang tegak lurus terhadap garis EC dengan cara klik “Perpendicular Line”, kemudian klik garis EC dan klik titik A.


8. Tandai  perpotongan garis  tersebut dengan pilih “ Intersect “ kemudian klik perpotongan garis tadi, misalkan I.


9. Untuk menghitung jarak AI, pilih “ Distance or Length” kemudian klik titik A dan titik I.


atau juga bisa dilihat langkah - langkahnya pada video dibawah ini 


Selamat Mencoba dan Selamat Berkreasi

0 comments:

Post a Comment